Teknik Dasar Public Speaking

public speakingMeskipun kesannya mudah karena hanya berbicara di depan banyak orang, public speaking sebenarnya mempunyai beberapa teknik dasar yang bisa dipelajari. Teknik ini tentu untuk membantu anda untuk dapat melakukan hal tersebut dengan lebih lancar, apalagi jika hal tersebut baru pertama kali dilakukan. Teknik dasar ini bisa dipelajari semua orang sendirian, atau mengikuti kelas pelatihan yang saat ini sudah banyak dibentuk. Dengan menguasai teknik dasar ini, dipastikan anda akan lebih mudah berbicara di depan banyak orang nantinya.

Teknik Public Speaking Yang Harus Dikuasai

Ada beberapa teknik dalam public speaking yang harus anda perhatikan dan kuasai. Pertama, hal penting yang harus anda kuasai adalah persiapan mental. Dengan mempersiapkan mental anda sebelum berbicara di depan banyak orang anda akan bisa mengatasi kegugupan dan rasa tidak percaya diri sehingga nantinya hal tersebut bisa anda minimalisir saat di atas panggung. Selanjutnya adalah penguasaan materi. Menguasai materi yang anda bawakan bisa menjadi faktor pendukung agar acara anda lebih lancar. Selain itu menguasai materi juga bisa mengatasi grogi dan menanggulangi rasa “blank” saat di atas panggung. Sebelumnya anda harus benar-benar mencari materi yang akan dibawakan. Mengumpulkan bahan dan data pendukung juga bisa menjadi faktor penentu agar nantinya saat ada audience yang bertanya anda akan bisa menjawabnya dengan benar.

Teknik lainnya yang harus anda kuasai dalam public speaking adalah teknik membuka sesi berbicara anda. Jangan lupa untuk menyapa para penonton sebelumnya, mengucapkan salam juga penting terutama jika banyak orang penting yang hadir dalam seminar atau acara tersebut. Selanjutnya anda harus bisa menampilkan materi sebaik mungkin, sebagai contoh saat ini sudah bisa anda buat presentasi yang menarik dengan komputer agar materi anda lebih menarik. Teknik menutup acara juga penting bagi anda, jangan terlalu bertele-tele ketika ingin menutup sesi pembicaraan anda. Jika sudah menguasai teknik tersebut, jangan lupa juga untuk mempelajari teknik vocal seperti pengucapan yang benar, artikulasi yang tepat dan tidak terlalu gugup atau terlalu cepat saat berbicara.

Related posts: