Tanggapan Tentang Public Speaking

public speakingKomunikasi adalah sesuatu hal yang dilakukan oleh semua orang setiap harinya, komunikasi bahkan bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti dengan melakukan percakapan lisan, kemudian percakapan melalui via telepon, lalu juga bisa melalui beberapa media cetak maupun media sosial, melalui lagu, dan lain sebagainya. Akan tetapi komunikasi yang paling sering dilakukan oleh banyak orang yaitu komunikasi yang dilakukan secara langsung yaitu Public Speaking atau berkomunikasi di depan banyak orang dan dilakukan dengan beberapa teknik-teknik tertentu. Namun walaupun hanya terkesan berbicara di depan banyak orang, namun banyak yang menganggap bahwa hal ini susah untuk dilakukan ataupun hanya terkesan sepele. Jadi apa sajakah kekeliruan dalam komunikasi ini?

Kekeliruan Public Speaking Di Masyarakat

Ada pro dan kontra mengenai Public Speaking di Indonesia, ada beberapa orang yang mengatakan bahwa hal ini merupakan cara yang mudah, namun ada juga yang mengatakan bahwa hal ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang sudah berpengalaman saja. Padahal persepsi mereka mengenai hal ini sangat salah, beberapa kekeliruannya adalah:

  1. Sangat sulit untuk dilakukan.

Banyak orang yang beranggapan bahwa hal ini sangat sulit untuk dilakukan, padahal jika ditekuni dengan baik maka hasilnya pun akan memuaskan. Sugesti dari dalam diri Anda sendiri juga sangatlah penting.

 

  1. Hanya dilakukan oleh orang-orang yang memiliki bakat.

Semua hal bisa dilatih begitu pun cara berbicara yang baik di depan umum. Anda bisa mempraktekkan teknik berbicara di depan umum yang baik dan juga benar.

Jadi, pada intinya Public Speaking ini tidaklah susah, namun memang diperlukan ketelitian dan juga pemahaman yang baik dari komunikasi ini. Jika masih dirasa susah, maka Anda bisa dengan melatih kemampuan berbicara Anda di depan umum seperti melatih teknik pernafasan Anda, kemudian belajar untuk merangkai atau menyusun kalimat yang akan diucapkan, dan lain sebagainya. Lakukan juga berbagai improvisasi agar Anda juga bisa berinteraksi dengan audience Anda nantinya. Jika hal ini sudah dilakukan terus menerus, maka lama kelamaan Anda pun akan terbiasa dan juga terasa sangat menyenangkan.

Related posts: