senam yoga untuk ibu hamil

tips kecantikanSenam yoga memang sangat popular di Indonesia. Yoga sangat bermanfaat bagi tubuh dapat mengurangi stres dan melemaskan otot yang tegang karena aktivitas. Selain itu dapat meningkatkan kebugaran dan dapat mengatasi nyeri punggung. Dan dengan melakukan senam yoga akan membakar lemak dalam tubuh. Berbagai aliran dan gaya dalam melakukan senam yoga. Salah satunya adalah prenatal yoga. Senam yoga jenis ini dikhususkan untuk ibu hamil. Karena tentunya ibu hamil akan merasakan berbagai keluhan semasa hamilnya dan ini tentunya berpengaruh dengan kesehatan sang ibu juga janin yang dikandungnya.

Manfaatnya sendiri tentunya akan memperlancar peredaran darah dan menyehatkan janin yang dikandungnya karena pasokan oksigen lebih banyak. Dapat memperbaiki postur tubuh, menguatkan otot dan menyehatkan organ pencernaan sehingga gizi dapat diserap secara optimal. Tentunya dengan melakukan yoga akan melatih pernapasan sang ibu untuk melakukan berbagai variasi bernapas untuk proses melahirkan nantinya. Selain itu dapat menguatkan otot panggul agar lebih menjadi kuat dan elastis. Memperlancar peredaran darah di area panggul dengan demikian akan memudahkan untuk melakukan persalinan secara normal.

Ada 3 gerakan yang dapat dilakukan oleh ibu hamil yaitu posisi bersila, merangkak dan berbaring. Adapun posisi bersila yaitu dengan menyilangkan kaki dan meletakkan tangan pada kedua sisi tubuh kemudian mengayunkan ke atas kepala hingga telapak tangan bertemu sambil menghembuskan napas kemudian kembali ke awal. Ini berfungsi untuk menguatkan otot tangan dan melenturkan sendi pada pundak. Kemudian gerakan merangkak yang bermanfaat untuk menguatkan otot perut, menguatkan rahim dan meringankan beban pada perut. Posisi tubuh merangkak lalu melengkungkan punggung ke arah dalam sambil menarik napas secara perlahan, kemudian Tarik napas kembali sambil meluruskan punggung kembali. Hal ini berguna untuk menunjang perkembangan janin. Kemudian gerakan terbaring dilakukan dengan cara menempelkan telapak kaki pada lantai dan mengangkat panggul dari lantai sambil menghembuskan napas secara perlahan. Lakukan beberapa kali hal ini berfungsi untuk mencegah varises pada kaki dan menghilangkan kelelahan dan pegal pada kaki.

Related posts: