Rahasia Menjaga Kesehatan Bulu Kelinci Anggora

kelinci anggoraKelinci anggora merupakan salah satu jenis kelinci yang membutuhkan perawatan khusus. Hal ini disebabkan karena kelinci jenis anggora memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan jenis kelinci lain pada umumnya. Kelinci jenis anggora dikenal sebagai kelinci yang memiliki bulu tebal dan lebat. Oleh karena itu, para pemelihara harus melakukan perawatan maksimal agar bulu kelinci tumbuh dengan bersih dan sehat. Jika tidak dilakukan perawatan dengan baik, maka kemungkinan besar bulu kelinci tidak tumbuh dengan manis dan indah. Sebagai pencinta kelinci, Anda tentu ingin memiliki kelinci yang bulunya tebal, panjang, dan cantik mempesona bukan? Oleh karena itu, yuk pelajari cara merawat bulu kelinci dengan baik dan benar!

Ini Dia Rahasia Merawat Bulu Kelinci Anggora Agar Tumbuh Dengan Sehat Dan Indah

Salah satu faktor paling penting dalam merawat bulu kelinci anggora adalah dengan memberikan nutrisi yang maksimal. Pemberian jenis makanan yang tepat memang sangat penting. Selain rutin memberikan makanan berupa pelet, Anda juga bisa memberikan makanan tambahan berupa sayuran. Hal ini disebabkan karena secara alami kelinci merupakan hewan yang memakan sayuran hijau. Berikan kubis, kol, brokoli, dan wortel maksimal 3-4 kali dalam satu minggu sebagai hadiah. Selain memperhatikan makanan kelinci, menjaga kebersihan juga menjadi faktor yang tidak boleh terlewatkan. Karena kelinci jenis anggora memiliki bulu yang lebih panjang dari kelinci biasa, maka Anda harus pandai merawat bulu-bulu kelinci tersebut agar tetap sehat dan tidak kusut. Agar tidak kusut, maka sesekali Anda harus menyisir bulu kelinci tersebut. bulu-bulu yang rontok harus segera dipisahkan sehingga tidak mengganggu penampilan dan aktivitas kelinci.

Jika kelinci milik Anda sudah dewasa, maka Anda harus rajin untuk memandikannya. Namun, proses memandikan kelinci harus dilakukan secara baik dan benar. Waktu terbaik untuk memandikan kelinci anggora adalah pada pagi hari saat cuaca cerah. Jangan menggunakan air dingin. Sebaiknya, gunakan air yang hangat namun tidak terlalu panas. Agar bulu kelinci semakin mendapatkan nutrisi, maka gunakanlah sampo khusus untuk kelinci. Dengan begitu, maka bulu kelinci akan semakin halus dan bersih. Setelah selesai mandi, keringkan bulu kelinci dengan handuk dan hair dryer.

Related posts: