Perawatan Timbangan Digital

timbangan digitalKita merawat tanaman kita dengan tujuan supaya tanaman kita teratur dan rapi. Kita merawat hewan peliharaan kita dengan tujuan supaya tetap bersih dan tidak mudah sakit. Begitupun dengan timbangan digital juga harus kita rawat supaya tetap bersih dan bisa bekerja dengan optimal dan maksimal. Selain itu, timbangan juga perlu dirawat agar dalam pengukurannya tetap memiliki hasil perhitungan yang akurat. Bayangkan saja bila timbangan tidak pernah dirawat, tidak pernah di bersihkan, pasti kotoran akan menempel semakin banyak dan membuat hasil perhitungan tidak akurat karena timbangan selain menimbang bahan yang diukur, juga akan membuat apa yang akan kita ukur menjadi tidak tepat nilainya dan menyebabkan berbagai masalah lain.

Bagaimana Cara Merawat Timbangan Digital?

Cara merawat timbangan digital mudah saja dilakukan. asal pada setiap habis pemakaian timbangan, kita membersihkan timbangan. Atau paling tidak dibersihkan secara periodik yang jaraknya tidak terlalu jauh. Alat yang digunakan untuk membersihkan timbangan dapat ditemukan dengan mudah. Alat-alat tersebut berupa sikat kecil, kain lap atau kanebo dan kertas tisu. Serta bahan yang digunakan untuk membersihkan timbangan berupa air yang dicampur dengan ethanol atau bisa juga juga dengan menggunakan detergen, terutama detergen cair. Bagian utama yang harus selalu dibersihkan adalah bagian piringan yang merupakan tempat peletakan barang atau benda yang diukur. Piringan tersebut dapat dilepas untuk dibersihkan untuk kemudian bisa dipasang lagi.

Ingat, pada saat melakukan perawatan berupa pembersihan pada timbangan ini, pastikan jika timbangan ini dalam kondisi mati sehingga tidak akan membuat timbangan ini mengalami error dalam kalibrasi. Jika pembersihan badan-badan timbangan ini sudah selesai, maka timbangan bisa dihidupkan kembali. Pada saat melakukan pembersihan, periksa kembali pada layar display pada saat timbangan ini mati dan hidup. Nilai yang ditujukan pada bahan yang diukur  harus sama seperti pada saat timbangan ini belum dimatikan dan pada saat timbangan dalam kondisi hidup. Apabila nilai yang di tunjukan display berbeda antara sebelum pembersihan dan sesudah pembersihan maka perlu dilakukan kalibrasi agar timbangan digital ini bisa bekerja secara optimal.

Related posts: