Panduan Teknisi Tentang Perawatan Solder

Panduan teknisiSama halnya dengan pekerjaan lainnya, sebagai teknisi tentu memiliki alat yang digunakan sebagai senjata pamungkas yang penting untuk pengerjaan pekerjaan mereka sehari-hari. Alat yang dimaksud tentu saja solder sebagai alat untuk menempelkan elemen yang ada dalam satu unit. Hanya saja, kadang solder menimbulkan masalah seiring dengan penggunaannya yang meningkat dari hari ke hari. Mata timah yang menghitam, panas yang tidak merata, sampai terjadi over heating di bagian mata solder adalah hal umum yang kerap ditemukan dan dikeluhkan para teknisi. Mengganti mata timah ini adalah hal paling praktis kare harganya relatif murah dan mudah didapat. Namun, tentu saja merawat solder dengan benar agar awet perlu menjadi panduan teknisi dalam menghemat pengeluaran operasional mereka.

Hal Teknis Panduan Teknisi Perawatan Solder

Kebiasaan paling umum yang biasa dilakukan teknisi adalah membiarkan solder melakukan kontak dengan bahan lain selain logam. Biasanya mereka senang melubangi plastik dengan solder mereka. Hal ini sebenarnya merupakan salah satu pemicu panas yang tidak merata pada seluruh permukaan solder. Mengapa? Tentu saja karena lelehan plastik akan menyebabkan coating tertentu dan melapisi permukaan mata solder. Umumnya solder yang banyak tertempel plastik harus diputar-putar untuk mendapatkan panas tertentu. Hal ini akan menghambat keefektifan pemanasan menjadi turun. Mendisiplinkan diri untuk tidak melakukan kontak langsung dengan komponen lain adalah keharusan yang diberikan pada banyak panduan teknisi.

Hal lain yang diberikan oleh panduan teknisi adalah untuk tidak sekali-kali membersihkan mata solder dengan bahan tajam seperti gunting dan cutter. Membasuh mata solder dengan selembar kain katun yang sedikit dibasahi akan jauh lebih baik karena permukaannya yang lebih lembut. Apabila mata solder bergesekan dengan benda keras dan tajam, lapisan timah akan terkikis secara perlahan sehingga bisa menimbulkan overheating yang cukup merisaukan para teknisi. Selain kain katun, bisa juga dilakukan pembersihan mata solder menggunakan pasta solder sebagai bahan khusus untuk pembersihnya. Tekstur yang dimiliki bahan ini tentu lembut dan membersihkan dengan sempurna sisa bahan yang menempel pada solder.

Related posts: