Mengenal Contoh Teks Anekdot

contoh teks anekdotSudahkah pernah mendengar tentang teks anekdot sebelumnya? Jika belum, pada dasarnya, teks anekdot merupakan suatu cerita pendek yang tujuannya untuk menyindir, bukan menyindir seseorang atau sesuatu secara langsung karena dapat menimbulkan kontroversi. Oleh sebab itu, penyajian teks anekdot haruslah dalam skala cerita yang jenaka sehingga menimbulkan gelak tawa dari siapapun yang membacanya. Tidak hanya soal kelucuan, contoh teks anekdot yang baik juga harus memiliki pesan moral yang disampaikan secara lugas. Jadi dapat disimpulkan teks anekdot bukanlah kelucuan yang tidak memiliki arti sama sekali

Aplikasi Contoh Teks Anekdot

Penyajian teks anekdot dapat berupa sebuah cerita menyerupai dongeng dan dapat juga berupa dialog percakapan antara dua atau lebih tokoh yang terlibat di dalamnya. Dalam satu contoh teks anekdot utuh, ada struktur bahasa yang harus dipenuhi yaitu berupa abtraksi (bagian awal yang memberikan gambaran isi teks), orientasi (bagian yang menunjukkan latar belakang suatu peristiwa), event (bagian yang menunjukkan awal mula suatu kejadian), krisis (bagian yang menunjukkan konflik cerita), reaksi (bagian yang menunjukkan tanggapan tokoh terhadap konflik yang terjadi), koda (bagian yang menunjukkan kesimpulan secara umum dalam suatu cerita), dan reorientasi (bagian penutup).

Berikut merupakan aplikasi pengugunaan contoh teks anekdot dalam kehidupan nyata.

Suatu siang di bulan puasa yang sedang terik, ada seorang kakek tua yang sedang menjalankan puasa seketika merasa pusing tak terhankan. Dengan panik, kakek ini bergegas menelan satu tablet Bodrex yang berada di lemari obat. Kejadian ini kontan membuat Andi, cucunya yang tidak sengaja melihat kejadian itu bertanya.

Andi     : “Kan Kakek sedang ngga boleh minum? Ini mau minum obat?”

Kakek   : “Ngga apa, Andi. Itulah okenya Bodrex, bisa diminum kapan aja!” sambil berlalu menirukan iklan yang sering dilihat di televise.

Andi     : Bingung sambil garuk kepala.

Dari contoh di atas, pembaca yang awam sekalipun dapat tertawa dan mengerti keseluruhan maksud dialog. Disinilah peranan teks anekdot secara langsung, dapat dijadikan bahan gurauan tapi ada sindiran sekaligus makna yang terkandung di dalamnya. Semuanya disampaikan dalam satu kemasan cerita.

Related posts: