Menelisik Usaha Budidaya Ikan Hias

peluang usahaUsaha ikan hias bukanlah hal baru dibidang wirausaha. Usaha ikan hias hingga kini masih tetap eksis, tentu saja karena minta pasar yang semakin lama semakin meningkat. Selain sebagai hobi, ikan hias dapat dimanfaatkan sebagai usaha dengan potensi pasar yang besar. Anda tidak perlu khawatir dengan persaingan yang ketat. Bisnis ikan hias ini cenderung tidak memiliki target pasar, karena biasanya dari segala usia dan golongan menggemari ikan-ikan cantik ini. kunci sukses dalam berwirausaha ikan hias ini adalah ketekunan dan juga acknowledge alias teknik dan pemahaman pemeliharaan ikan yang lebih spesifik.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Budidaya Ikan Hias

Dalam pemilihan tempat usaha, pilihlah lokasi yang ramai dikunjungi banyak orang. peralatan yang digunakan biasanya adalah akuarium, filter pompa dan jaring ikan. Anda juga harus memperhatikan kebersihan akuarium yang digunakan agar ikan tidak mudah mati. Usaha ikan hias termasuk usaha yang cukup fleksibel dalam menentukan target pasarnya. Ikan hias yang cukup populer di Indonesia adalah ikan hias, ikan arwana dan ikan mas koki. Dalam membudidayakan ikan hias tidak bisa sembarangan, ada teknik dan cara-cara khusus mulai dari proses pemijahan, penetasan, perawatan larva hingga besar, pakan, suhu akuarium, cahaya, oksigen dan masih banyak lagi. Sedikit ribet memang, namun dalam budidaya ikan hias memang membutuhkan ketekunan.

Dalam membudidayakan ikan hias ada beberapa hal yang harus Anda sebagai pelaku usaha perhatikan. Yang pertama adalah perhatikan suhu optimal dalam akuarium. Secara umum, suhu optimal untuk akuarium ikan hias adalah antara 25ºC sampai 32ºC. fluktuasi suhu yang terlalu tinggi dan perubahan suhu yang tiba-tiba menyebabkan ikan stress hingga mengakibatkan kematian. Kedua adalah oksigen terlarut yang menjadi faktor kualitas air. Kandungan oksigen dalam akuarium harus dipertahankan diatas 5 ppm. Apabila kurang dari itu terutama dalam waktu cukup lama, ikan tidak mau makan dan pertumbuhannya terhenti. Ketiga adalah keasaman (pH), tingkat keasaman yang untuk budidaya ikan hias adalah 5,5 hingga 9,0.

Related posts: