Melirik Usaha Budidaya Jamur Tiram

peluang usahaBagi Anda yang ingin melakukan usaha namun memiliki modal yang terbatas tak ada salahnya jika Anda melirik budidaya jamur tiram. Tentunya usaha budidaya jamur tiram saat ini masih bisa dibilang berpeluang cukup besar. Dengan banyaknya olahan jamur tiram yang banyak disukai oleh masyarakat maka tak ada salahnya jika Anda berperan sebagai penyedia jamur itu sendiri. Proses budidaya dari jamur tiram itu sendiri tidaklah serumit yang dibayangkan. Dikarenakan jamur ini akan mudah tumbuh dengan sendirinya. Hanya saja yang perlu Anda perhatikan adalah kondisi lingkungan yang mendukung bagi pertumbuhan jamur ini. Kondisi mendukung yang dimaksud adalah dengan menjaga kelembaban udara salah satunya dengan menjaga suhu lingkungan sekitar 29 derajat celcius. Degan kondisi lembab seperti ini maka pertumbuhan jamur akan maksimal.

Persiapan Sebelum Memulai Budidaya Jamur Tiram

Selain itu hindari lah untuk terkena cahaya matahari secara langsung. Hal ini dapatĀ  mengakibatkan pertumbuhan bibit jamur terhambat yang akan menyebabkan kegagalan dalam budidaya jamur ini. Dalam hal persiapan utama tentunya dengan menyiapkan tempat untuk meletakan media pertumbuhan jamur tiram atau yang sering disebut dengan kumbung. Biasanya kumbung itu sendiri dibuat dari bambu yang menyerupai rumah. Dimana dalam membuat kumbung yang baik adalah dengan memperhatikan sirkulasi udara yang cukup serta tidak gelap. Besar kecilnya kumbung tentunya disesuaikan dengan lahan yang tersedia. Untuk media tanam jamur itu sendiri biasanya dari serbuk gergaji yang dimasukkan ke dalam plastik yang salah satu ujungnya berlubang sebagai tempat bertumbuhnya jamur atau biasa disebut dengan baglog. Biasanya baglog itu sendiri banyak yang sudah jadi atau kita tinggal beli saja dari pemasok untuk mempersingkat waktu.

Dalam tahap peletakan baglog pada rak perlu diperhatikan juga jarak yang tidak terlalu rapat. Dan janganlah untuk menyiram media baglog dengan air secara langsung. Untuk menjaga kelembaban Anda bisa melakukan penyiraman pada lantai yang terbuat dari tanah. Dengan cara ini maka jamur tiram dapat tumbuh secara maksimal. Dalam masa panennya tentunya tidak dibutuhkan waktu yang lama dengan memperhatikan pertumbuhan jamur yang maksimal. Hal ini dapat terlihat dari kondisi jamur yang tidak pecah pada saat mekar sempurna. Dengan memperhatikan hal tersebut, tentunya jamur tiram yang dihasilkan bisa memiliki kualitas yang baik dan harganya pun bisa tinggi.

Related posts: