Manfaat Manggis Untuk Kecantikan

tips kecantikanSemakin maraknya polusi udara membuat semakin banyak orang yang mengalami beberapa masalah pada kecantikan. Sehingga sekarang banyak wanita yang melakukan perawatan kecantikan. Perawatan kecantikan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Banyak salon-salon perawatan kecantikan serta produk-produk kecantikan yang beredar di masyarakat. Namun, mahalnya biaya perawatan kecantikan di salon dan maraknya penggunaan bahan-bahan tambahan berbahaya pada kosmetik dengan harga murah membuat beberapa wanita menjadi resah. Salah satu cara yang aman dan murah adalah dengan menggunakan bahan-bahan alam. Manggis adalah salah satu buah tropis yang juga tumbuh di Indonesia. Khasiat dari manggis sendiri sudah sangat terkenal di berbagai negara, termasuk Indonesia. Manfaat manggis sendiri lebih dikenal dalam hal kulitnya. Kulit manggis sudah sangat dikenal manfaatnya dalam bidang kesehatan dan bidang kecantikan. Manggis atau buah yang memiliki nama latin Garcinia mangostana merupakan salah satu bahan alam yang memiliki begitu banyak kandungan nutisinya.

Kandungan Kulit Buah Manggis Dan Cara Perawatan Untuk Kecantikan

Kandungan pada kulit buah manggis tentulah sangat beragam. Kandungan yang pertama adalah Xamthone. Kandungan yang satu ini dapat bermanfaat dalam hal anti inflamasi serta ati alergi. Kulit buah manggis mengandung begitu banyak vitamin C. Seperti yang kita ketahui, vitamin C adalah salah satu senyawa yang mampu larut dalam air dan berperan sebagai antioksidan. Vitamin C dapat mencegah terjadinya reaksi oksidasi yang diakibatkan oleh senyawa-senyawa radikal bebas akibat polusi udara atau juga hasil samping dari metabolisme tubuh. Jika tidak ditangani, radikal bebas dapat menyebabkan beberapa masalah serius seperti kanker dan beberapa kelainan yang diakibatkan oleh mutasi pada DNA oleh radikal bebas. Selain itu, radikal bebas juga dapat menyebabkan penuaan dini. Vitamin B kompleks adalah kandungan yang terdapat pada manggis selanjutnya. Vitamin B kompleks berfungsi sebagai kofaktor (senyawa organik pada enzim) yang akan membantu metabolisme karbohidrat, lemak, dan juga protein.

Penggunaan kulit buah manggis dalam bidang kecantikan dapat dilakukan memalui dalam dan luar. Perawatan dari dalam dapat dilakukan dengan memblender potongan kulit manggis (yang telah dibersihkan) dengan setengah gelas air minum sampai halus. Kemudian airnya diminum setiap malam sebelum tidur. perawatan dari luar dapat dilakukan dengan cara yang sama, hanya saja air yang diperoleh kemudian dipisahkan dari ampas kulit dan didiamkan selama 3 jam. Air bagian atas dibuang, dan bagian bawahnya dijadikan masker.

Related posts: