Jenis Ikan Lele

ikan leleIkan lele memang merupakan salah satu jenis ikan air tawar. Tapi sebagian orang yang hanya sebagai konsumen tidak akan menyangka kalau ikan ini sendiri memiliki jenis-jenis khusus yang memang dibudidayakan atau diternak untuk bisa dikonsumsi. Kebanyakan orang pasti tidak akan memikirkan jenis ikan dari lele yang mereka makan, tetapi buat Anda yang akan memulai usaha dalam membudidayakan ikan ini sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis ikan ini untuk bisa mengetahui kelebihan dan kelemahannya.

Jenis-Jenis Ikan Lele

Di Indonesia sendiri merupakan salah satu tempat pembudidaya ikan lele terbesar. Karena memang masyarakat Indonesia sendiri sangat menyukai daging ikan yang satu ini. Untuk wilayah Indonesia sendiri, jenis ikan yang biasanya dibudidayakan oleh orang-orang terdapat dua jenis, yaitu ikan lokal dan juga ikan dumbo. Diantara dua jenis tersebut terdapat kategori unggul dengan ukuran yang besar dan dengan nama yang beda pula. Berikut ini penjelasan dari dua jenis ikan tersebut:

  1. Ikan lokal

Ikan lokal ini merupakan jenis ikan yang paling meluas dan paling banyak dibudidaya oleh kebanyakan orang. Karena memang jenis ini paling mudah dilakukan atau paling mudah dibudidayakan. Tetapi jenis ini memiliki kelemahan meskipun memang dari cara budidayanya sangat mudah karena ikan jenis ini sudah sangat kurang memiliki daya tarik bagi konsumen sehingga kurang menguntungkan. Terlebih pakan yang diberikan harus banyak dan juga pertumbuhan ikan tersebut sangat lama.

  1. Ikan dumbo

Ikan dumbo sekarang ini memiliki daya tarik yang sangat besar bagi konsumen karena memang ukurannya yang sangat besar sehingga sangat menjadi ikanĀ  terfavorit. Pertumbuhan dari ikan ini sangat dumbo sekali walaupun masih berumur dua bulan sehingga dinamakan jenis ikan dumbo karena ukurannya yang besar. Kekurangan dari jenis ini adalah tidak bisa dipungkiri Anda memang harus menyediakan lahan yang luas untuk kembang biak dari ikan ini.

Itulah jenis-jenis ikan lele yang ada di Indonesia beserta penjelasan dari kelemahan dan kelebihan masing-masing jenis. Sehingga dengan Anda sudah mengetahui jenis-jenis yang ada bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih ikan yang akan Anda budidayakan.

Related posts: