Hal Yang Diperhatikan Dalam Mendidik Anak

emaksuper.comAnak merupakan amanah bagi kedua orang tuanya yang dititipkan oleh Allah. Maka dari itu, kita sebagai orang tua harus bertanggung jawab terhadap amanah yang telah Allah berikan kepada kita sebagai orang tua. Kita harus mampu mendidik anak dengan baik dan benar agar kelak menjadi manusia yang taat kepada Allah, orang tua dan juga kepada negara. Dalam mendidik seorang anak kita harus selalu berhati-hati meskipun kita sebagai orang tuanya sendiri. Tanpa kita sadari tentunya dalam mendidik pasti kita pernah melakukan kesalahan.

Kesalahan Yang Dilakukan Dalam Mendidik Anak

Sebelum anak mendapatkan pendidikan dilingkungan masyarakat, yang pertama kali memberinya pendidikan adalah kedua orang tuanya. Untuk itu meskipun ia adalah anak kita sendiri namun jangan sampai dalam mendidik semau diri kita sendiri, harus tetap memperhatikan berbagai batasan-batasannya. Karena pada dasarnya cara mendidik yang berlebihan juga dapat berdampak tidak baik untuk anak itu sendiri. Berikut ini ada beberapa contoh kesalahan dalam mendidik anak yang seharusnya tidak dilakukan orang tua, yaitu:

  • Menumbuhkan rasa minder dan takut

Kadang sebagian besar orang tua ketika menghadapi anak yang menangis agar cepat diam adalah dengan menakut-nakutinya dengan sesuatu. Hal ini jangan dilakukan karena nantinya akan terbawa hingga ia dewasa.

  • Mendidiknya menjadi sombong dengan maksud dan tujuan agar ia nantinya menjadi anak yang pemberani.
  • Membiasakan anak untuk hidup berfoya-foya dan bermewah-mewah

Meskipun orang tua mempunyai banyak harta namun jangan sekali-kali Anda ajarkan untuk hidup berfoya-foya seperti membeli sesuatu yang tidak kita butuhkan meskipun kita mampu membelinya

  • Selalu menuruti permintaan anak

Jangan pernah Anda selalu menuruti keinginan anak meskipun ia sampai menangis, karena dengan begitu nantinya tangisan tersebut akan menjadi senjata bila menginginkan sesuatu

  • Bersikap terlalu keras dan juga kaku dalam menghadapi anak

Contohnya jika anak melakukan sesuatu kesalahan maka Anda akan langsung memarahinya dengan kasar dan bahkan dengan tindakan fisik seperti memukul dan mencubit .

  • Berprasangka baik pada anak yang terlalu berlebihan

Sikap ini jangan Anda lakukan, mempercayai anak boleh saja namun sesekali Anda juga harus mengecek anak apakah sedang dalam keadaan yang baik atau tidak. Jangan terlalu percaya bahwa anak Anda selalu melakukan hal yang baik.

Demikianlah beberapa contoh dari kesalahan yang tanpa sengaja orang tua lakukan ketika mendidik anaknya. Dalam mendidik anak jangan sampai kita terlalu memanjakannya atau sebaliknya. Semua tetap pada porsinya masing-masing agar anak dapat menerima apa yang kita ajarkan. Beberapa tips dalam mendidik seorang anak juga bisa Anda baca dalam web emaksuper.com yang akan memberikan Anda banyak pelajaran.

Related posts: