Cara Penyemaian Benih Cabe Pada Budidaya Cabe Unggulan

budidaya cabeBudidaya cabe bisa Anda lakukan dengan membeli benih cabe berkualitas dan unggul di toko pertanian. Jenis benih yang di jual di toko pertanian jelas sudah terjamin kualitasnya karena di buat, di seleksi dan di proses dengan baik sehingga benar-benar menghasilkan benih tanaman cabe yang unggul dan berkualitas tinggi. Setelah Anda bisa mendapatkan benih tanaman cabe yang berkualitas maka proses selanjutnya adalah melakukan penyemaian yang harus di lakukan dengan sangat hati-hati. Terutama jika Anda melakukan budidaya tanaman cabe dengan menggunakan jenis tanaman cabe unggul seperti jenis hybrid.

Beberapa Cara Penyemaian Benih Cabe Untuk Budidaya Cabe Unggulan

Jika melihat banyak sekali petani cabe yang bisa melakukan panen terhadap tanaman budidaya cabe mereka tentu saja kita akan merasa sangat iri dengan mereka. Padahal itu semua bisa mereka dapatkan dengan perjuangan dan jerih payah selama menanam dan membudidayakan tanaman cabe tersebut. Dan hal itu bukanlah sesuatu yang terbilang mudah karena banyak sekali pekerjaan yang di lakukan selama budidaya tanaman cabe belum selesai.

Berikut ini adalah beberapa cara yang mudah untuk melakukan penyemaian dari tanaman cabe yang akan di budidayakan.

  • Dengan tisu

Ambil beberapa lembar tisu kemudian hamparkan di sebuah wadah plastik yang lebar. Susun benih tanaman cabe di atas hamparan tisu tersebut dengan jarak tertentu antar masing-masing benih. Kemudian basahi tisu dengan menggunakan semprotan. Setelah semua bagian tisu basah tutup kembali dengan tisu beberapa lembar kemudian basahi kembali.

  • Tutup rapat

Setelah lembaran tisu dan benih tanaman cabe yang sudah Anda susun tadi selesai di proses maka selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menutup wadahnya dengan rapat. Agar supaya proses penyemaian bisa berjalan dengan lancar dan cepat.

  • Pindahkan ke pot atau tanah

Tujuan di lakukannya penyemaian adalah agar supaya kita mendapatkan benih yang siap pakai serta benih sudah kuat untuk di pindahkan. Nah setelah beberapa hari berada di wadah yang tertutup dengan tisu basah Anda akan mendapatkan benih cabe yang sudah berkecambah. Pindahkan ke pot atau tanah pada saat benih yang berkecambah sudah benar-benar kuat untuk di pindahkan ke calon tempat untuk budidaya cabe.

Related posts: