Cara Memperbanyak ASI, Bagaimana?

cara memperbanyak asiPenggunaan obat-obatan tertentu pada Ibu hamil dan menyusui dapat mempengaruhi produksi susu. Produksi juga dapat turun karena penggunaan obat yang tidak semestinya. Bayi membutuhkan asupan nutrien yang cukup untuk proses pertumbuhan dan perkembangannya. Jika produksi ASI turun hal ini akan berdampak pada kurangnya asupan nutrien yang dikonsumsi bayi. Bagi ibu hamil dan menyusui sebaiknya menghindari obat-obatan yang mengandung antihistamin. Antihistamin biasanya dipakai sebagai upaya untuk menghilangkan alergi, contohnya klorfeniramin maleat, deksklorfeniramin maleat dan doksilamin. Selain itu juga obat seperti dekongestan yang biasanya ditemukan pada obat pelega hidung tersumbat, dapat menurunkan produksi ASI. Maka pada Ibu hamil Cara Memperbanyak ASI antara lain dengan mengonsumsi obat secara alami, misalkan jika terserang flu maka obati dengan mandi hangat, minum-minuman hangat dan sup agar segera sembuh.

Cara Memperbanyak ASI Agar Bayi Terpenuhi Kebutuhannya

Bayi yang baru lahir tidak memerlukan makanan dan minuman apapun, dia hanya perlu ASI eksklusif dari Ibunya. Ibu yang baru melahirkan biasanya mengeluarkan ASI sedikit. Jangan kuatir, karena ASI yang sedikit itu akan cukup untuk bayi, karena bayi yang baru lahir pun membutuhkan ASI yang hanya sedikit. Semakin lama produksi ASI akan meningkat dengan sendirinya. Namun menjadi masalah besar jika ASI tidak meningkat seperti yang diharapkan. Sebenarnya secara alami makanan sehat yang kita konsumsi mendukung Cara Memperbanyak ASI. seperti nasi, sayuran, daging ikan dan buah-buahan sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan gizi Ibu.

Ibu harus sering-sering menyusui agar produksi susu meningkat. Kalau ASI tetap bandel dan keluar hanya sedikit, maka Ibu bisa menggunakan stimulus dengan membiarkan bayi tetap menyusu, atau dengan menggunakan pompa ASI. Cara Memperbanyak ASI melalui pompa ASI membantu Ibu memiliki persediaan ASI yang cukup. Sebaiknya Ibu tidak memberikan makanan apapun kecuali ASI kepada bayi sampai bayi berumur 6 bulan. Masalah ASI tidak keluar banyak dapat disebabkan oleh pengaruh hormon atau masalah kesehatan Ibu. Jika ASI tetap keluar sedikit maka Ibu bisa menghubungi dokter yang bersangkutan.

Related posts: