Cara Membuat Plakat Akrilik

plakat akrilikMelihat banyaknya kegiatan baik lingkup kecil maupun luas, penggunaan plakat sebagai souvenir kian meraja lela. Plakat yang merupakan suatu karya sebagai hiasan maupun ucapan terima kasih ini memiliki keunikan tersendiri, dari bentuk maupun bahan dasar pembuatnya. Salah satu plakat yang unik ialah plakat akrilik, dimana plakat ini dibuat dari bahan dasar akrilik.

Bagaimana Sih Cara Pembuatan Plakat Akrilik?

Bagi orang-orang yang menyukai hiasan-hiasan yang berbau akrilik pasti penasaran kan bagaimana sih cara bikin salah satu olahan akrilik. Disini akan membagikan setidaknya ada 3 cara pembuatan plakat akrilik.

  1. Pertama, membuat bentuk dasar dari plakat dan kaki plakat. Akrilik yang digunakan ialah akrilik dalam bentuk lembaran, sehingga diperlukan pemotongan akrilik berdasarkan bentuk desain yang diinginkan atau sesuai dengan permintaan. Pada tahapan pemotongan ini juga dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu pemotongan manual dengan cutter atau gergaji serta pemotongan otomatis dengan menggunakan mesin laser. Pastinya kedua cara pemotongan ini juga memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Cara manual memiliki kelebihan irit pada biaya pengerjaan, tapi membutuhkan keahlian khusus dan keterampilan yang cukup bagus selain itu juga memakan waktu yang lebih lama. Sedangkan cara otomatis memiliki kelebihan berupa hasil pemotongan yang lebih rapi dan simetris serta cepat, tapi membutuhkan biaya yang cukup mahal untuk menyediakan mesin laser dan juga biaya listrik. Karena listrik yang digunakan cukup tinggi.
  1. Kedua, melakukan perapian pada plakat dasar hasil pemotongan. perapian ini mencakup tiga kegiatan, yaitu detailing, penghalusan dan pemolesan. Pada tahap detailing ini hasil pemotongan akrilik akan didetailkan lagi agar sesuai dengan desain. Setelah tahap detailing, hasilnya dilakukan penghalusan. Sehingga bagian-bagian yang kasar menjadi halus dan lebih rapi. Kemudian akhir pada tahap dua, yaitu pemolesan. Pemolesan ini dilakukan bertujuan untuk memberikan kesan mengkilap pada plakat.
  1. Ketiga, finishing. Pada finishing yang dilakukan ialah memberikan gambar atau tulisan maupun warna pada plakat. Gambar maupun tulisan dapat dibuat dalam 2D maupun 3D.

Sekiranya hanya itu yang merupakan pembuatan plakat akrilik secara umum. Bagi yang berminat cobalah dan lakukan secara hati-hati pastinya ya!

Related posts: