Berbagai Penyakit Paru Dan Pencegahannya

tips kesehatanParu-paru merupakan alat pernapasan yang paling utama dan ternyata ada begitu banyak macam penyakit paru-paru yang menyerang manusia dari berbagai usia. Penyakit paru-paru banyak diderita oleh orang dewasa dan mereka yang sudah lanjut usia. Hal ini tentunya dikarenakan sistem imun yang sudah menurun sehingga tidak dapat menghalau berbagai serangan kuman, bakteri dan virus melalui lubang pernapasan. Penyakit tersebut diantaranya adalah TBC yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis pada jaringan paru-paru dan berkembang sangat cepat. Kemudian bronchitis yang diakibatkan polusi udara yang tertimbun pada saluran pernapasan. Selain itu ada juga emfisema, kanker paru-paru, asma, infeksi jaringan paru, dipteri, paru-paru basah,

Pencegahan Penyakit Paru-Paru Secara Alami

Rajin mengonsumsi buah merah dapat menangkal radikal bebas yang masuk melalui saluran pernapasan. Sebab buah merah yang berasal dari daerah Papua ini mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kemudian kelopak bunga Rosella yang direbus dan airnya diminum 2 kali sehari. Cara ini bermanfaat untuk mengurangi nyeri di dada dan mengurangi intensitas dahak yang keluar. Mengonsumsi sarang semut juga dapat menjadi pengobatan alternatif untuk anak-anak yang terserang gangguan penyakit paru-paru. Sarang semut mengandung banyak senyawa flavonoid, tokoferol, tanin yang mampu menghentikan pendarahan pada paru-paru karena peradangan parah. Kulit manggis yang sudah terkenal akan khasiatnya juga mampu meredakan penyakit paru-paru dan menghambat perkembangan enzim dalam paru-paru.

Daun sambiloto yang dijadikan bubuk dan dicampur dengan madu dapat menyembuhkan radang paru-paru yang disebabkan oleh serangan radikal bebas. Daun waru ternyata juga dapat menguatkan jaringan paru-paru sehingga dahak yang bercampur dengan darah akan berkurang dan sembuh. Caranya dengan daun waru yang direbus dan dicampur dengan gula aren dan diminum 3x sehari. Jika penyakit gangguan pernapasan ini tidak segera diobati maka bukannya tidak mungkin jika akan muncul berbagai jenis penyakit lainnya seperti gagal jantung, gangguan pada lever, diabetes, gangguan tulang akibat dari batuk yang terus menerus. Wasir juga menyerang karena ketika batuk membuat Anda perut bagian bawah menjadi kaku karena menahan batuk yang membuat ketika BAB akan mengejan.

Related posts: